RSS

prepare to speak up

12 Apr

Sebagian dari kita pasti pernah merasa ketakutan saat disuruh bicara di depan banyak orang. contohnya, pas dapat tugas presentasi dari guru bahasa inggris di sekolah. Jam pelajaran elum dimulai saja nich, keringat dingin sudah bercucuran, perut terasa melilit, dan pengennya bolak-balik toilet!
Trus pas gurunya masuk ke kelas dan mengumumkan kalau persentasi bakal segera dimulai, kecepatan jantung langsung meningkat 10 kali lipat, dan kita nggak bisa lagi duduk tenang.
Wah, kenapa bisa segitunya ya? Hmm…setelah diselidiki, itu semua akibat rasa takut yang berlebihan. Penyebabnya sih banyak, diantaranya bisa karena persiapan yang nggak terlalu baik, nggak percaya diri, atau bisa juga karena faktor traumatis.
But, don’t worry, semua itu bisa kita atasi, kok. Mau tau caranya???

Andalkan Cermin
Ternyata cermin gak Cuma berguna untuk melihat hasil dandanan kita loh, tapi juga bisa dijadikan alat bantu utama untuk berani ngomong di depan umum.
Yup, sering-seringlah berlatih bicara di depan cermin, soalnya dari sana kita bisa belajar menggunakan ekspresi, mencari gaya terbaik pas lagi ngomong, dan sebagainya. Makin sering berlatih, makin cepat muncul deh perasaan siap bicara di depan umum.

Punya Catatan Kecil
Salah satu kendala utama menjadi grogi tampil didepan umum adalah karena kita nggak tahu apa yang harus diomongin. Supaya nggak terjadi hal kayak gitu, persiapkanlah segala bahan omongan yang mau dibicarakan dengan baik.
Bikin catatan kecil tentang poin bahasan yang akan kamu sampaikan. Segala sesuatu yang di-prepare dengan baik akan bikin kamu lebih siap dari pada harus tampil spontan.

Nyaman dengan penampilan
Faktor penmpilan bisa jadi kendala utama yang bikin kita gagal bicara di depan umum. Makanya kita harus bena-benar memperhatikan pakaian dan dandanan yang bakal digunakan untuk tampil di depan banyak orang.
Seperti, pakailah baju senyaman mungkin yang bisa bikin kamu bebas bergerak. Jangan terlalu ketat, karena itu bakal mengurangi kenyamanan dan kadar kepedeanmu,
Begitu juga dengan dandanan, gunakan yang sederhana saja. Biar makin pede, semprotkan parfum atau pengharum mulut sebelum tampil.

Lakukan relaksasi
Sebelum tampil, nggak ada salahnya kalau kita melakukan relaksasi keci-kecilan dulu. Bisa dengan latihan pernapasan, senam wajah untuk mengurangi ketegangan, dan lemasan seluruh otot-otot tubuh.
Jangan terlalu banyak bergerak saat akan tampil di depan umum. Soalnya, bisa membuat kita capek dan mengurangi konsentrasi. Dari pada sibuk pecicilan, mendingan kita mengingat-ingat apa yang bakal disampaikan, dan jangan lupa berdoa, loh!!

Ikuti Alurnya
Buang segala rasa takut dari dalam diri, mulai dari takut salah, atkut dilihatin banyak orang, dan semuanya. Ingat! Kita sudah mempersiapkan diri dengan baik. Tanamkan dalam pikiranmu kalau apa yang akan terjadi selanjutnya adalah hasil yang terbaik dan biar mengalir apa adanya.
Jauhkan segala pikiran negatif karena segala hal tentang kegagalan kadang berasal dari pemikiran kita sendiri. Makanya, pikiran positif sangat dibutuhkan waktu kita bakal tampil. Nah, dari pada mengkhayal yang jelek-jelek,mendingan bayangkan beberapa banyak orang yang bakal ngasih selamat setelah kita selesai berbicara.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 April 2009 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: