RSS

Gigi Ajak Musisi Indonesia Tidak Menjiplak

16 Apr

grup band Gigi mengajak para musisi Indonesia untuk lebih kreatif membuat lagu-lagu original karya sendiri. Grup asal Bandung bentukan 22 Maret 1994 itu, sekaligus mengajak untuk tidak melakukan tindak penjiplakan lagu milik orang lain.

“Aku senang dengan band di Indonesia yang menghasilkan lagu-lagu bagus dan bertanggung jawab terhadap lagu-lagunya,” kata vokalis Gigi, Armand Maulana dalam jumpa pers peluncuran album GIGI di Jakarta, Kamis (16/4).

Armand mencontohkan band yang menciptakan lagu yang bagus dan unik seperti Nidji, Peterpan, Maliq and D Essentials. “Lagu-lagu mereka jadi vitamin terhadap musik Indonesia agar tetap sehat asal mereka tetap bertanggung jawab di panggung mereka,” kata Armand.

Gigi sendiri berusaha untuk membuat lagu original karya mereka sendiri. Menurut pria pemilik nama lengkap Tubagus Armand Maulana itu, tidak ada plagiat di lagu-lagu milik grupnya, yang ada justru lagu-lagu miliknya yang dicuri orang lain.

“Alhamdulillah tidak ada plagiat pada lagu kita, yang ada justru lagu kita diplagiat orang lain,” katanya.

Suami dari Dewi Gita itu mengatakan tidak ada jenderal atau tokoh yang mendominasi di Gigi, maka semua personil berkontribusi dalam membuat lagu. Empat personel menyumbangkan masing-masing 25%, sehingga tidak ada plagiat.

Sementara gitaris Gigi, Dewa Budjana mengatakan kalau isu plagiat lagu Indonesia sudah terjadi sejak lama, dan waktu itu tidak dipermasalahkan, baru belakangan jadi masalah. Gigi sendiri, menurutnya, sedikit-sedikit juga mendapat pengaruh lagu dari luar.

“Plagiat terjadi sejak zaman dulu, seperti lagu Titiek Sandora dan Mukhsin Alatas berasal dari lagu barat yang hanya diganti liriknya saja,” kata Budjana.

Pada kesempatan tersebut, Gigi mengumumkan album regulernya ke-11 berjudul self titled GIGI dengan sembilan lagu baru yang sebagian besar bertema cinta.

Hadir dalam jumpa pers tersebut empat personil Gigi, terdiri Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar) dan Gusti Hendy (drummer) didampingi sang Produser, Dhani Pette. Sementara basisnya, Thomas Ramdhan tidak hadir karena sedang menunaikan umroh. (kpl/ang/dar)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 April 2009 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: