RSS

Agar Terhindar dari Tindak kejahatan

SAAT ini, penjahat lebih banyak mengancam perempuan. Mengapa? Sebab para penjahat berpikir bahwa perempuan lemah dan mudah diperdaya. Nah, agar Anda selalu aman, baik ketika Anda sedang berada dalam ruangan atau dalam perjalanan, berikut beberapa kiat yang bisa Anda terapkan:Peka terhadap “alarm” alami

Biasanya kita cenderung mengabaikan feeling, tak dihiraukan jika ingin melakukan sesuatu. Feeling yang tidak enak, serta perut yang tiba-tiba tegang tanpa sebab atau rasa debar aneh, adalah “alarm” alami akan adanya ketakpastian. Hal ini terjadi bukan tanpa sebab. Anda bisa menghindari kejadian buruk jika Anda meresponnya.

Selalu waspada

Jika Anda ingin pergi ke pesta, dan bertemu orang-orang baru, no problem. Tetapi ingat, tidak semua orang yang ada di sana Anda ketahui latar belakangnya sebaiknya Anda tetap waspada. Jangan tinggalkan minuman Anda, dan terimalah minuman dari orang yang benar-benar Anda kenal untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda kehendaki. Ajaklah teman pria yang bisa menjaga Anda dari orang-orang asing yang mungkin saja akan mengganggu Anda.

Merencanakan perjalanan secara cermat

Jika Anda ingin melakukan perjalanan, baik dalam kota atau luar kota, pikirkanlah segala kemungkinan. Misalnya, untuk travelling,

Jangan berikan akses kepada penguntit

Hal yang paling sering dialami perempuan adalah dikuntit orang yang tidak dikenal. Anda harus hati-hati dalam perjalanan pulang. Jika Anda merasa diikuti seseorang, pergilah ke tempat yang terdekat. Tidak usah panik. Yang penting, Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan.

Jangan “mengundang”

Alangkah baiknya jika Anda tidak berpenampilan terlalu mencolok bila pergi ke tempat umum. Misalnya, tidak mengenakan pakaian yang minim, tidak memakai perhiasan secara berlebihan, atau pun menunjukkan penampilan yang mengundang orang jahat untuk melakukan aksi kejahatan. “Ingat! Kejahatan itu terjadi bukan saja karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan” (komentar Bang Napi dalam acara Sergap di RCTI, red). Karena itu, jangan berikan kesempatan itu. Tutuplah celah itu rapat-rapat.

Lindungi barang dan jangan lengah

Perempuan memang dikenal mudah tersulut atau tertarik pada sesuatu hal yang mencuri perhatian mereka. Ketika kita tengah berbelanja, kadang-kadang kita tidak sadar pada keadaan sekitar kita karena kita tengah asyik menikmati pesta discount. Sebaiknya, tetaplah berkonsentrasi. Jangan sampai keasyikan Anda justru menjadi kesempatan baik bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berlatih bela diri

Jika Anda tertarik dan punya waktu, ada baiknya Anda berlatih bela diri. Bela diri bisa menolong Anda untuk melindungi diri. Atau paling tidak Anda tahu sedikit gerakan bela diri. Anda akan percaya diri dan berani ketika berjalan sendirian. Dan aura kepercayaan diri itu bisa memancar dan membuat orang di sekitar Anda segan.

Bawalah alat untuk melindungi diri

Perempuan zaman sekarang terkadang disibukkan dengan berbagai kegiatan yang menyita tenaga, waktu dan pikiran. Dan pekerjaan yang segudang terkadang memaksa mereka pulang larut malam atau bahkan dini hari. Kalau demikian, Anda bisa membawa sesuatu yang bisa Anda jadikan alat melindungi diri. Misalnya pepper spray ingredients. Alat semacam ini bisa membantu Anda melindungi diri. jangan lupa membawa senter, peta, juga kotak P3K. Tinggalkan pesan dan tujuan kemana Anda pergi kepada orang-orang di rumah dan bawa daftar nama yang bisa Anda hubungi dalam keadaan darurat. Kalau Anda harus naik taksi, carilah perusahaan yang sudah cukup terkenal. Catat nomor taksi dan nama sopir taksinya. Jangan naik taksi di tempat gelap atau tempat agak terpencil. Jika Anda di hotel, pilihlah kamar yang dekat dengan lift atau tangga jika masih bisa. Cek dahulu seluruh kamar sebelum Anda masuk ke kamar tersebut.

(Genie/Genie/tty)

okezone.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: