RSS

Candi Muara Takus dan Candi Mendut

CANDI MENDUT

 

Candi Mendut terletak 3 km sebelah timur candi borobudur. Candi mendut merupakan candi Budha. Candi mendut dibangun sekitar tahun 800 masehi pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra.  Candi mendut berbentuk persegi dengan ruang masuk diatas teras bertangga. Diatas ruang persegi terdapat atap bertingkat dan pada setiap atapnya terdapat banyak stupa. Di dalam ruangan Candi Mendut terdapat 3 buah arca, yaitu Arca Cakyamurti duduk bersila, bersikap sedang duduk berkhotbah; Arca Avalokiteswara, yaitu Boddihsatwa penolong manusia’ Arca Maitrey, yaitu Boddhisatwa pembebas manusia pada kelak kemudian hari.

Arca Avalokiteswara adalah sebuah arca dengan amithaba di mahkotanya. Sebagai padmapani, ia memegang sebatang bunga teratai merah di tangannya. Pada dinding cadi, terdapat pahatan-pahatan yang merupakan dongeng anak-anak.

Candi Mendut sekarang ini sering kali digunakan untuk melakukan upacara keagamaan bagi umat budha. Pada upacara Waisak, Candi Mendut dikunjungi umat Budha hampir dari seluruh penjuru tanah air

 

 

 

 CANDI MUARA TAKUS

 

Kompleks Candi Muara Takus terletak 135 km dari arah Pekan baru, Riau. Kompleks Candi muara Takus berada di Desa Muara Takusm Kecamatan XIII Kota Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kompleks percandian ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang dibangun pada sekitar abad ke-11 Masehi. Dengan demikian, Kompleks candi Muara Takus merupakan peninggalan dari kebudayaan Buddha. Kompleks Candi Muara Takus berpagar tembok batu dengan pintu gerbang di utara. Didalamnya terdapat bangunan stupa yang disebut Candi Tua, Candi Bungsu dan Candi Palangka.  Kompleks Candi Muara Takus berwujud stupa yang dibangun dari bahan batu dan pasir. Fungsi bangunan itu sebagai tempat pemujaan Buddha Mahayana.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: